Pengertian Virtual Private Server (VPS) Hosting

VPS, tiga huruf ini pasti anda pernah mendengar — terutama — jika anda adalah seorang yang berkecimpung dalam bidang website atau minimal sebagai bloger. VPS adalah singkatan dari Virtual Private Server dan VPS Hosting adalah merupakan layanan hosting yang banyak digunakan untuk seseorang menampilkan website mereka. Teknologi yang digunakan oleh type hosting ini adalah teknologi virtualisasi dimana disediakan resource dedicated di server.

Dibandingkan dengan share hosting, vps hosting adalah pilihan yang lebih bagus karena leih aman dan juga lebih stabil dimana dengan vps hosting kita tidak perlu menggunakan server room dedicate. Namun perlu diingat bahwa vps hosting lebih mahal dibanding dengan share hosting biasa. Pada kenyataannya, VPS Hosting digunakan oleh web web yang sudah mempunyai trafik yang besar dan stabil yang tidak mampu ditampung oleh share hosting.

Sebenarnya, Virtual Private Server tidak jauh berbeda fungsinya dengan shared hosting, dimana perbedaannya adalah dari segi resource untuk VPS jauh lebih besar dibanding dengan share host. Selain itu VPS juga mempunyai virtualisasi pada setiap server dimana dengan virtualisasi tersebut kita dapat memiliki System operasi khusus untuk hosting yang kita pesan dan kita dapat melakukan instalasi tambahan sendiri.

Untuk virtualisasi VPS sebenarnya ada beberapa jenis, diantaranya adalah Open VZ, XEN, KVM, dan Parallel Virtuozo dan masih ada beberapa lagi yang mungkin anda ketahui. Namun yang saat ini banyak digunakan adalah OpenVZ, XEN dan juga Parallel Virtuozo. Nah demikian dulu ulasan dan penjelasan mengenai Virtuas Private Server dan pengertiannya. Kedepan kita akan lebih dalam mencari tau tentang tutorial penggunaan vps hosting dan juga melakukan review beberapa provider yang melayani sewa vps hosting.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *