Belajar Mengenal dan Memahami Shared Hosting dan Reseller Hosting

Beberapa waktu lalu kita mengenal dengan apa yang dimaksud apa itu VPS dan VPS Hosting. Setelah kita mempelajari mengenai VPS Hosting, kini kita lanjut dengan mengenal tentang Hosting.

Pada era saat ini di Indonesia dikenal beberapa jenis hosting dan web hosting, diantaranya adalah VPS hosting, Shared Hosting dan Dedicated Server. Nah kita akan bahas perbedaan antara jenis – jenis hosting tersebut diatas, namun kali ini kita akan khusus membahas mengenai Shared Hosting atau Reseller Hosting.

Tentang Shared Hosting dan atau Reseller Hosting

Yang dimaksud dengan Shared Hosting atau Reseller Hosting adalah pembagian hosting yang digunakan oleh beberapa orang yang mempunyai web dalam satu hosting yang sama. Shared Hosting terhitung paling murah dibanding dengan yang lain dan biasanya digunakan oleh pemula yang mempunyai web dengan trafik tidak begitu besar.

Dari julukannya dapat diketahui bahwa shared hosting merupakan hosting dimana semua klien akan berkumpul jadi satu menggunakan hosting yang sama dan mereka berbagi sumber daya utama server yang diantaranya terdiri dari RAM, CPU dan Hard Disk Drive (HDD). Sama halnya dengan reseller hosting dalam hal infrastruktur yang sedikit membedakan adalah untuk reseller hosting, klien dapat kembali menjual space yang mereka sewa ke klien lain.

Keuntungan Shared Hosting dan Reseller Hosting

Bagi pengguna shared hosting, pastinya tahu benar apa keuntungan yang mereka dapat jika menggunakan hosting jenis ini. Perlu diingat, sebaiknya pilihlah provider yang memang mempunyai reputasi bagus dalam hal Shared Hosting, karena hal tersebut akan berpengaruh pada kelancaran web yang ada di lokasi shared hosting tersebut. Jika provider bagus dapat dipastikan provider tersebut akan menggunakan server untuk shared hosting dengan spec yang tinggi dan mempunyai built-in redudancy salah satu contoh dengan dual power supplies, dual CPUs dan menggunakan komposisi hardisk RAID.

Adapun keuntungan dari Shared Hosting adalah sebagai berikut :

Sekuriti dan administrasi adalah tanggung jawab provider

Untuk shared hosting, semua keamanan dan juga administrasi tanggung jawab penuh ada pada pihak yang menyewakan dalam hal ini provider atau perusahaan hosting. Jadi jika mengalami masalah, klien tinggal kontak provider untuk bantu memperbaiki.

Biaya Shared Hosting Rendah

Biaya yang dikeluarkan untuk sewa Shared Hosting terbilang cukup murah dibandingkan dengan jenis yang lain. Hal ini dikarenakan dalam satu hosting sewa ditanggung beberapa orang klien.

Konfigurasi Hosting sudah distandarisasi

Konfigurasi dan tools yang disajikan oleh share hosting terbilang sudah lengkap dan klien tidak perlu kebingungan dalam membangun suatu web atau mengelola web mereka di share hosting.

Adapun Kerugian dari Share Hosting antara lain adalah :

Pembatasan untuk hardisk atau kapasitas HDD dan juga pembatasan untuk traffict atau jumlah bandwidth yang dimiliki oleh setiap klien. Karena harga yang mungkin relatif murah, maka share hosting pasti memberikan limit untuk kapasitas hardisk dan juga bandwidth yang bisa digunakan oleh satu klien. Oleh karena itu kebanyakan share hosting digunakan oleh web dengan trafik yang masih rendah dan tidak terlalu tinggi.

Ok, diatas adalah sedikit penjelasan mengenai shared hosting dan juga keuntungan dan kerugian dalam menggunakan share hosting. Kita akan membahas hal lain yang lebih mendalam mengenai vps hosting dan yang lainnya di artikel yang berbeda. Semoga bermanfaat.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *