Mengenal Fungsi dan Keuntungan Menggunakan Dedicated Servers

Setelah kita membahas mengenai apa itu shared hosting dan fungsi serta untung ruginya menggunakan shared hosting, berikut ini kita lanjutkan dengan membahas mengenai dua jenis hosting yang lain, yakni Dedicated server dan Virtual Private Server.

Kali ini kita terlebih dahulu bahas Apa itu Dedicated Server

Yang dimaksud dengan dedicated server adalah server yang secara fisik digunakan oleh satu orang atau satu klien saja. Dalam pengertian, dimana dalam server tersebut tidak akan ada aplikasi atau situs lain yang dihosting dalam server tersebut. Artinya, klien akan memperoleh hak ekslusif untuk menggunakan server dan memanfaatkan server itu sendiri tanpa ada klien lain. Klien dalam hal ini berhak untuk menginstall operasi system yang mereka senangi apakah itu windows atau linux atau bahkan Distro lain yang mereka pilih, misalnya CentOS dan lain lainnya.

Lalu apa sih keuntungan menggunakan dedicated server itu bagi seorang klien dan apa pula kerugian menggunakan dedicated server bagi seorang klien. Nah berikut kita ulas satu persatu.

Keuntungan menggunakan Dedicated server adalah

Menggunakan sumber server sendirian

Dalam hal ini seorang klien akan dapat dengan leluasa untuk menggunakan dedicated server yang mereka sewa dan tentunya akan menghasilkan tingkat keamanan yang tinggi karena hanya digunakan oleh satu klien.

Lebih cepat kinerjanya dan reputasi IP juga lebih baik

Kinerja akan terhitung lebih cepat dikarenakan tidak berbagi dengan klien lain atau berbagi dengan web lain, hingga server menjadi ringan tanpa terganggu kinerja web orang lain. Selain itu juga IP reputation akan lebih bagus karena tidak berbagi dengan web yang lain.

Lalu apa segi negatifnya atau kekurangannya?

Yang jelas dari segi harga untuk dedicated server jelas lebih mahal dibanding jenis hosting yang lain.  Kerugian yang lain adalah jika terjadi error, misalnya down maka diperlukan waktu cukup lama untuk perbaikannya, hal ini mungkin teratasi jika server memiliki redudansi untuk Power Suply Unit dan Hardisk. Dengan menggunakan konfigurasi RAID dengan beberapa backup hardisk dan CPU akan membuat dedicated server lebih aman dan terjamin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *