Tutorial Cara Upload Website Dari PC Ke Web Hosting

Bagi pemula yang sedang belajar hosting dan cara untuk mengaktifkan web, mungkin artikel berikut ini akan sangat membantu kita dalam mengupload website agar bisa online dan bisa diakses melalui internet. Mungkin kebanyakan dari kita membuat terlebih dahulu secara offline website yang nantinya akan kita upload ke hosting untuk diaktifkan dan online serta dapat dicari melalui browser semacam google.

Ada beberapa langkah yang perlu kita lakukan jika kita ingin mengonlinkan web di internet. berikut adalah langkah langkah untuk mengaktifkan website kita.

Memilih Web Hosting Yang Bagus
Memilih web hosting yang bagus dan andal serta service yang memuaskan adalah pertama yang kita lakukan untuk mengaktifkan web kita secara online.  Usahakan untuk menyewa hosting yang bagus dan berkualitas dan mempunyai fitur yang lengkap. Beberapa hal yang diperhatikan dalam memilih hosting yang bagus diantaranya adalah mempunyai live support yang bagus hingga mudah dikontak. Selain itu juga hosting tidak mudah atau tidak sering down, karena jika sering down akan membuat web kita jadi susah diakses bila calon pembeli atau customer ingin melihat produk kita melalui web. Kita akan bahas dalam artikel yang berbeda mengenai memilih hosting yang bagus.

Memilih Tools yang tepat untuk Upload
Memilih tools yang tepat yang akan kita gunakan untuk upload database dari web yang akan kita onlinekan adalah salah satu poin terpenting saat akan mengaktifkan website.  beberapa tools tersebut antara lain adalah :

File Manager
File manager ini adalah tool berbasis browser dan mempunyai semua fitur unggulan untuk mengelola file dan direktori. Menggunakan tools ini sangatlah mudah dan merupakan tools yang direkomendasikan untuk melakukan upload data website.

Plugin Impor Website
File Saat ini banyak sekali plugin khususnya untuk wordpress yang bisa digunakan untuk melakukan impor database website dari PC ke Hosting yang kita sewa. Plugin ini sangat bagus dan cukup membantu kita untuk memindahkan web atau mengonlinekan web dari PC.

Dalam kesempatan ini kita akan gunakan All in one WP Migration, dimana awalnya kita lakukan install plugin All in one WP Migration di web yang ada di PC kita atau web yang masih offline. Setelah kita install plugin tersebut di web yang ada di PC kita, lalu kita lakukan export file seperti gambar dibawah ini :

 

Kita running ke plugin migrasi, kemudian kita pilih export data.   Setelah itu kita export data tersebut dengan memilih file, seperti gambar dibawah ini:

lalu kita klik export dan file akan terkompres seperti dibawah ini :

 

nah nantinya kita akan mendapat file berupa kompress file wordpress yang akan terdownload ke hardisk kita.

Langkah selanjutnya, kita masuk ke browser dan membuka hosting kita, lalu kita install wordpress di hosting kita. Setelah wordpress terinstall, langkah selanjutnya adalah kita install plugin All in one WP Migration di hosting kita. Kemudian setelah terinstall, maka langkah selanjutnya kita klik ke All in one WP Migration plugin dan pilih import data, seperti gambar berikut :

 

nah nantinya kita akan memilih file yang tadi sudah kita siapkan setelah kita ambil dari web dikomputer PC kita. lalu kita lakukan upload untuk file tersebut dengan memilih file seperti gambar diatas lalu kita ambil file wordpress yang sudah kita ambil dari PC kita tadi. Nantinya file database yang kita ambil akan otomatis mereplace data web baru yang ada di file manager di cpanel kita. Selesai…

Simple bukan untuk melakukan migrasi web dari offline ke web hosting online?

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *